Dari Persikad

Disini kita akan berbicara tentang sepakbola. kita akan banyak berbicara sisi positif sepakbola. Bila ada sisi negatifnya biarkan itu menjadi tugas bersama yang harus kita perbaiki.

Tentang SuperDepok

Walau berwarna biru SuperDepok sejatinya 'lintas warna' disini 'warna' tidak lagi menjadi ideologi yang harus dibela. semangat sportivitas dan perdamaian menjadi cita-cita bersama terbentuknya SuperDepok. Harapan tertinggi kami adalah sepakbola benar-benar menjadi hiburan dan tontonan bukan lagi ajang perpecahan.

Yang Terserak Dari Piala Dunia 2010

Tulisan ini dibuat jelang partai final piala dunia 2010 yang mempertemukan Spanyol vs Belanda. Otomatis setelah pertandingan ini berakhir maka bulan sepakbola ini akan berakhir dan kita akan bertemu lagi pada tahun 2014 dimana Brazil akan menjadi tuan rumah.

Banyak hal menarik yang telah terjadi pada piala dunia 2010. Baik dari lapangan hijau itu sendiri maupun hal-hal yang terjadi diluar lapangan hijau.

Dari sisi penyelenggaraan Afsel, bisa dibilang sukses. Meski sebelumnya banyak yang memprediksi pagelaran ini akan kacau, namun itu tidaklah seberapa dan tidak begitu mengganggu waktu penyelenggaraan. Beberapa kejadian yang sempat mengganjal adalah soal pencurian yang menimpa beberapa tenaga media yang meliput. juga soal distribusi tiket yang tidak merata serta banyaknya tiket yang beredar di tangan calo. untung panitia cepat tanggap dan merespon persoalan ini dengan cepat, mungkin mereka belajar dari Indonesia yang tidak bisa menangani kejadian serupa ketika menggelar pertandingan piala asia 2007.

Piala dunia kali ini juga menghasilkan kejutan dari sisi hasil pertandingan. Tidak lolosnya Prancis dan Italia dari fase grup pastinya membuat dunia sepakbola gempar. dua tim yang diunggulkan tersebut harus pulang lebih awal. Bahkan Prancis yang diperkuat penyerang macam Anelka dan Henry tidak bisa melesakkan gol ke gawang lawan.

Lolosnya tim2 yang underdog seperti ghana, uruguay bahkan slovenia dan slovakia pun membuat mata pecinta sepakbola harus mulai berani menjagokan tim2 yang selama ini dipandang sebelah mata. puncaknya adalah bertemunya Spanyol dan Belanda, dua tim yang belum pernah meraih gelar akbar sepakbola dunia ini, di babak final.

Piala dunia kali ini juga bisa disebut 'kuburan' prestasi bagi pemain2 unggulan seperti Rooney, Anelka, Messi, dan bintang2 Italia dan Prancis yang tidak mampu bersinar di level negara. juga bagaimana kekuatan anak muda tim Jerman yang mampu mempesona pecinta sepakbola ketika mereka menghancurkan Inggris dan Argentina dengan skor masing2 4-1 dan 4-0.

Juga tidak ketinggalan polemik soal vuvuzela, Jabulani dan si Paul. ya, banyak hal yang terjadi dalam pagelaran piala dunia 2010 ini. dan kini kita harus berpisah dengan event yang mampu menghipnotis mata masyarakat dunia ini. juga banyak pelajaran yang telah diberikan kepada insan sepakbola indonesia bagaimana mengemas dan membuat sepakbola itu sukses. sekarang tinggal bagaimana kita mau atau tidak belajar untuk kemajuan sepakbola indonesia.

(via my moto q9h, ketika menemani dua malaikat kecil, Abdu dan Ikhsan, di hari pertamanya berlatih di SSB Metro Kukusan)

*Ahamad Syakib

0 komentar:

Posting Komentar



 

bersatu

manahan

beraksi

demo PSSI

pasoepati

sepakbola indonesia

Demo PSSI

revolusi PSSI